UPDATE Virus Corona di Indonesia: Ada 4 Orang Lagi Diduga Positif Terinfeksi Corona

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Pemerintah tengah melakukan pelacakan atas orang-orang yang yang melakukan kontak dekat dengan pasien positif virus corona (Covid-19).

Jubir Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, pihaknya telah berhasil melacak 25 orang yang ada di acara yang sama, namun tak semuanya dilakukan pemeriksaan virus, lantaran tidak semuanya melakukan kontak secara dekat.

Namun, Achmad mengatakan pihaknya tengah mengobservasi empat orang yang diduga kuat positif terinfeksi virus corona. Namun, Achmad mengatakan hal tersebut baru bisa ditentukan lewat pemeriksaan laboratorium.

“Hasil pemeriksaan laboratorium diharapkan nanti sore sudah datang, karena sudah kami ambil spesimennya,” ujar Achmad, Jumat (6/3).

Achmad menjelaskan, keempat orang tersebut diduga positif terinfeksi virus corona karena melakukan kontak dekat kasus 1 dan kasus 2. Apalagi, terdapat influenza sedang yang diderita keempatnya, dimana influenza tersebut didapatkan setelah melakukan kontak dengan kasus 1 dan kasus 2. “Ini kenapa kita sebut sebagai suspect,” tambah Achmad.

Achmad mengungkap, kondisi keempat orang tersebut stabil selama diisolasi. Dia menyebutkan, saat ini ada yang mengalami batuk dan pilek, dan ada yang suhu tubuhnya sekitar 37,6 derajat.

Sementara, kondisi kedua pasien yang positif covid-19 ini pun dinyatakan baik. Berdasarkan laporan yang diterima Achmad, keduanya tidak mengalami keluhan lain selain batuk. Nanti sore, hasil pemeriksaan laboratorium di hari kelima untuk kasus 1 dan kasus 2 ini pun akan segera didapatkan.

Senin lalu (2/3), Presiden Joko Widodo mengumumkan dua pasien positif terjangkit virus corona (Covid-19) di Indonesia pada Senin (2/3). Ini kasus pertama infeksi corona di Indonesia.

Keduanya adalah seorang ibu berumur 64 tahun dan anaknya yang berusia 31 tahun.

Menurut Jokowi, dua orang pasien yang dinyatakan positif terjangkit virus corona tersebut melakukan kontak dengan warga negara Jepang yang terkonfirmasi virus corona di Malaysia.

Setelah laporan, pemerintah langsung menelusuri kontak yang dilakukan orang tersebut.

Jokowi memastikan, dua pasien yang dinyatakan positif virus corona tersebut saat ini sudah dirawat di rumahsakit dengan pengamanan intensif.

Jokowi bilang pemerintah telah menyiapkan rumah sakit dengan fasilitas isolasi.

“Kita juga miliki peralatan yang memadai standar internasional,” terang Jokowi.

Selain itu ada pula anggaran yang telah disiapkan untuk penanganan pasien tersebut. Penanganan serius akan dilakukan mengingat bahaya dari Covid-19.

https://nasional.kontan.co.id/news/update-virus-corona-di-indonesia-ada-4-orang-lagi-diduga-positif-terinfeksi-corona?page=all

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daftarkan Email anda dan dapatkan informasi dan promo menarik dari Prahu-Hub.