Gempa Bumi di Sukabumi

KOMPAS.com – Gempabumi tektonik dengan magnitudo (M) 3,5 mengguncang wilayah Kota Sukabumi, Jawa Barat pada pukul 10.48 WIB, Minggu (22/3/2020). Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,07 LS dan 106,56 BT.

Lokasi tepatnya berada di darat pada jarak 44 kilometer Barat Daya Kota Sukabumi,pada  kedalaman 2 kilometer. “Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Patahan Cimandiri di wilayah tersebut,” kata Hendro Nugroho ST MSi selaku Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang dalam keterangan tertulisnya.

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat, kata Hendro, guncangannya dirasakan di wilayah Kecamatan Pelabuhan Ratu dengan skala intensitas II MMI. Getarannya dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Terkait gempabumi susulan, hingga pukul 11.27 WIB hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan dan tidak berpotensi tsunami. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Gempa Hari Ini: Magnitudo 3,5 Guncang Sukabumi, Terasa di Pelabuhan Ratu”, https://www.kompas.com/sains/read/2020/03/22/130100423/gempa-hari-ini–magnitudo-3-5-guncang-sukabumi-terasa-di-pelabuhan-ratu.
Penulis : Ellyvon Pranita
Editor : Sri Anindiati Nursastri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daftarkan Email anda dan dapatkan informasi dan promo menarik dari Prahu-Hub.