5 Tips Agar Anak Tak Bosan Selama Belajar di Rumah Karena Antisipasi Virus Corona

 

  1. Tetap lakukan aktivitas seperti biasa Meski anak tidak berangkat ke sekolah, terapkanlah jadwal aktivitas seperti biasanya. Misalnya saja, dengan memastikan anak tetap bangun pagi, sarapan tepat waktu, pakai baju yang rapi, hingga punya waktu istirahat di siang hari.Ya Moms, hal-hal tersebut bisa membuat anak lebih bersemangat menjalankan hari-harinya di rumah.Saat sarapan, jangan lupa beri pengertian mengenai situasi terkini dan mengapa ia harus tetap belajar di rumah. Dengan begitu, si kecil akan lebih paham tentang tanggung jawabnya untuk tetap belajar meski di rumah.
  2. Ciptakan ruang belajar yang kondusif Suasana rumah yang berbeda dengan sekolah terkadang membuat anak mudah teralihkan sehingga proses belajar pun jadi tidak maksimal. Untuk itu, Anda harus memastikan anak merasa nyaman dan bisa fokus saat proses belajar di rumah berlangsung. Saat anak mulai menunjukkan tanda-tanda bosan dan tidak fokus, ajak ia untuk rehat sejenak dan tanyakan cara belajar seperti apa ia sukai. Selain itu, tak ada salahnya juga, untuk menyajikan berbagai camilan sehat kesukaan anak agar ia tetap semangat belajar.
  3. Buat jadwal seperti jam belajar di sekolah Moms, Anda juga perlu membuat jadwal belajar anak agar si kecil lebih bisa bertanggung jawab. Misalnya, di jam berapa anak akan mulai belajar, istirahat siang, dan serta kapan waktu belajar berakhir. Karena anak sedang tidak bisa bermain ke luar rumah, Anda sebaiknya juga sudah punya rencana bermain untuk si kecil agar ia tidak bosan, Moms.
  4. Games  Menyiapkan permainan (bukan main games online ya Moms) merupakan salah satu cara efektif membuat anak tetap aktif dan mau belajar selama berada di rumah, apalagi untuk anak usia dini yang baru masuk sekolah. Menurut banyak ahli parenting, menyiapkan games sederhana yang bisa mengasah kemampuan kognitifnya sama halnya belajar di sekolah. Misalnya menebak warna, nama hewan, nama ibu kota negara dan lain sebagainya. Ada banyak permainan edukatif yang bisa diterapkan di rumah.
  5. Beri tugas Tidak berangkat sekolah bukan berarti tidak belajar, jadi pastikan anak tetap melatih diri dengan banyak belajar. Salah satu cara agar anak mau belajar adalah memberinya tugas khusus. Berperanlah sebagai guru kelasnya untuk sementara. Misalnya membaca materi dari halaman sekian hingga sekian. Beri waktu 30 menit misalnya, kemudian minta anak menjelaskan apa yang sudah ia baca. Apakah ada yang ingin ia tanyakan tentang materi yang ia baca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daftarkan Email anda dan dapatkan informasi dan promo menarik dari Prahu-Hub.